Yang paling umum dipakai dalam bahasa pemrograman adalah syntax:
if(kondisi) // jika kondisi benar maka jalankan { jalankan logika } else if(kondisi yang lainnya) // jika kondisi benar maka jalankan { jalankan logika dengan kondisi yang lainnya } else // jika kondisi tidak ada yang benar maka jalankan { jalankan logika yang lain jika tidak termasuk dalam kondisi sebelumnya }
Secara umum bisa diilustrasikan sebagai berikut:
1. IF Statement
IF statement adalah untuk melakukan pengecekan hanya pada satu kondisi tertentu tanpa ada alternatif kondisi yang lain.
if(kondisi) { jalankan logika }
Contoh program untuk simulasi kondisi if:
using System; namespace DecisionMaking { class Program { static void Main(string[] args) { /* local variable definition */ int a = 10; /* check the boolean condition using if statement */ if (a < 20) { /* if condition is true then print the following */ Console.WriteLine("a is less than 20"); } Console.WriteLine("value of a is : {0}", a); Console.ReadLine(); } } }
Hasil program ketika dijalankan:
a is less than 20; value of a is : 10
2. IF ... ELSE Statement
If ... else statement digunakan untuk melakukan pengecekan pada beberapa alternatif kondisi, jika kondisi pertama tidak ada maka jalankan pengecekan pada kondisi yang lainnya.
if(kondisi_1) { jalankan logika 1 } else if(kondisi_2) { jalankan logika 2 } else { jalankan logika jika tidak termasuk salah satu dari kondisi sebelumnya }
Berikut adalah contoh untuk statement if ... else:
using System; using System; namespace DecisionMaking { class Program { static void Main(string[] args) { /* local variable definition */ int a = 100; /* check the boolean condition */ if (a == 10) { /* if condition is true then print the following */ Console.WriteLine("Value of a is 10"); } else if (a == 20) { /* if else if condition is true */ Console.WriteLine("Value of a is 20"); } else if (a == 30) { /* if else if condition is true */ Console.WriteLine("Value of a is 30"); } else { /* if none of the conditions is true */ Console.WriteLine("None of the values is matching"); } Console.WriteLine("Exact value of a is: {0}", a); Console.ReadLine(); } } }
Setelah program dijalankan akan mendapatkan hasil sebagai berikut:
None of the values is matching Exact value of a is: 100
3. IF Statement di dalam IF (Bersarang)
Kondisi if bersarang adalah pengecekan dimana kita melakukan pengecekan lagi dengan kondisi if didalam blok if.
if(kondisi_1) { jalankan logika if(kondisi_3) { jalankan logika } } else if(kondisi_2) { jalankan logika if(kondisi_4) { jalankan logika } } else { jalankan logika }
Berikut adalah contoh program untuk kondisi bersarang:
using System; namespace DecisionMaking { class Program { static void Main(string[] args) { //* local variable definition */ int a = 100; int b = 200; /* check the boolean condition */ if (a == 100) { /* if condition is true then check the following */ if (b == 200) { /* if condition is true then print the following */ Console.WriteLine("Value of a is 100 and b is 200"); } } Console.WriteLine("Exact value of a is : {0}", a); Console.WriteLine("Exact value of b is : {0}", b); Console.ReadLine(); } } }
Hasil setelah program dijalankan:
Value of a is 100 and b is 200 Exact value of a is : 100 Exact value of b is : 200
4. SWITCH Statement
Switch statement digunakan untuk melakukan pengecekan untuk beberapa kondisi sekaligus, jika kondisi sudah di temukan maka akan keluar dari blok switch dengan statement break.
switch(ekspresi) { case konstanta-ekspresi: jalankan logika break; case kontanta-ekspresi: jalankan logika break; default: jalankan logika jika tidak ada yang cocok dengan konstanta-ekspresi }
Dari format diatas terdapat default, fungsi default disini adalah sama dengan kondisi else pada statement if ... else.
Contoh program untuk kondisi switch:
using System; namespace DecisionMaking { class Program { static void Main(string[] args) { /* local variable definition */ char grade = 'B'; switch (grade) { case 'A': Console.WriteLine("Excellent!"); break; case 'B': case 'C': Console.WriteLine("Well done"); break; case 'D': Console.WriteLine("You passed"); break; case 'F': Console.WriteLine("Better try again"); break; default: Console.WriteLine("Invalid grade"); break; } Console.WriteLine("Your grade is {0}", grade); Console.ReadLine(); } } }
Setelah program dijalankan akan mengeluarkan hasil sebagai berikut:
Well done Your grade is B
5. SWITCH Statement di dalam SWITCH (Bersarang)
Pada dasarnya sama seperti switch statement hanya saja ada pengecekan dengan switch lagi.
Berikut adalah contoh program untuk switch bersarang:
using System; namespace DecisionMaking { class Program { static void Main(string[] args) { int a = 100; int b = 200; switch (a) { case 100: Console.WriteLine("This is part of outer switch "); switch (b) { case 200: Console.WriteLine("This is part of inner switch "); break; } break; } Console.WriteLine("Exact value of a is : {0}", a); Console.WriteLine("Exact value of b is : {0}", b); Console.ReadLine(); } } }
Hasil setelah program dijalankan:
This is part of outer switch This is part of inner switch Exact value of a is : 100 Exact value of b is : 200
Kita juga bisa melakukan kombinasi antara kondisi if else dengan switch untuk mendapatkan hasil pengambilan keputausan yang baik.
Operator (kondisi) ? (jalankan logika) : (jalankan logika lainnya):
Operator ? : adalah operator untuk shortcut kondisi if ... else, biasanya digunakan untuk pengecekan yang tidak memerlukan statement logika yang panjang.
ekspresi_1 ? ekspresi_2 : ekspresi_3;
Akan melakukan pengecekan pada ekspresi_1 jika ekspresi_1 bernilai benar maka jalankan ekspresi_2 jika tidak maka jalankan ekspresi_3.
Contoh program untuk simulasi (kondisi) ? (jalankan logika) : (jalankan logika lainnya):
namespace DecisionMaking { class Program { static void Main(string[] args) { bool m_bool = true; // melakukan pengecekan jika m_bool bernilai benar maka isi a dengan 100 // tetapi jika m_bool bernilai salah maka isi a dengan 50 int a = m_bool ? 100 : 50; Console.WriteLine("Exact value of a is : {0}", a); Console.ReadLine(); } } }
Hasil keluaran program akan seperti berikut:
Exact value of a is : 100
Ok guys selamat berkarya dan belajar, sampai ketemu lagi di next tutorial Loot/Pengulangan.
No comments:
Post a Comment