Yang paling umum dipakai dalam bahasa pemrograman adalah syntax:
if(kondisi) // jika kondisi benar maka jalankan
{
jalankan logika
}
else if(kondisi yang lainnya) // jika kondisi benar maka jalankan
{
jalankan logika dengan kondisi yang lainnya
}
else // jika kondisi tidak ada yang benar maka jalankan
{
jalankan logika yang lain jika tidak termasuk dalam kondisi sebelumnya
}
Secara umum bisa diilustrasikan sebagai berikut:
1. IF Statement
IF statement adalah untuk melakukan pengecekan hanya pada satu kondisi tertentu tanpa ada alternatif kondisi yang lain.
if(kondisi)
{
jalankan logika
}
Contoh program untuk simulasi kondisi if:
using System;
namespace DecisionMaking
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
/* local variable definition */
int a = 10;
/* check the boolean condition using if statement */
if (a < 20)
{
/* if condition is true then print the following */
Console.WriteLine("a is less than 20");
}
Console.WriteLine("value of a is : {0}", a);
Console.ReadLine();
}
}
}
Hasil program ketika dijalankan:
a is less than 20; value of a is : 10
2. IF ... ELSE Statement
If ... else statement digunakan untuk melakukan pengecekan pada beberapa alternatif kondisi, jika kondisi pertama tidak ada maka jalankan pengecekan pada kondisi yang lainnya.
if(kondisi_1)
{
jalankan logika 1
}
else if(kondisi_2)
{
jalankan logika 2
}
else
{
jalankan logika jika tidak termasuk salah satu dari kondisi sebelumnya
}
Berikut adalah contoh untuk statement if ... else:
using System;
using System;
namespace DecisionMaking
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
/* local variable definition */
int a = 100;
/* check the boolean condition */
if (a == 10)
{
/* if condition is true then print the following */
Console.WriteLine("Value of a is 10");
}
else if (a == 20)
{
/* if else if condition is true */
Console.WriteLine("Value of a is 20");
}
else if (a == 30)
{
/* if else if condition is true */
Console.WriteLine("Value of a is 30");
}
else
{
/* if none of the conditions is true */
Console.WriteLine("None of the values is matching");
}
Console.WriteLine("Exact value of a is: {0}", a);
Console.ReadLine();
}
}
}
Setelah program dijalankan akan mendapatkan hasil sebagai berikut:
None of the values is matching Exact value of a is: 100
3. IF Statement di dalam IF (Bersarang)
Kondisi if bersarang adalah pengecekan dimana kita melakukan pengecekan lagi dengan kondisi if didalam blok if.
if(kondisi_1)
{
jalankan logika
if(kondisi_3)
{
jalankan logika
}
}
else if(kondisi_2)
{
jalankan logika
if(kondisi_4)
{
jalankan logika
}
}
else
{
jalankan logika
}
Berikut adalah contoh program untuk kondisi bersarang:
using System;
namespace DecisionMaking
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
//* local variable definition */
int a = 100;
int b = 200;
/* check the boolean condition */
if (a == 100)
{
/* if condition is true then check the following */
if (b == 200)
{
/* if condition is true then print the following */
Console.WriteLine("Value of a is 100 and b is 200");
}
}
Console.WriteLine("Exact value of a is : {0}", a);
Console.WriteLine("Exact value of b is : {0}", b);
Console.ReadLine();
}
}
}
Hasil setelah program dijalankan:
Value of a is 100 and b is 200 Exact value of a is : 100 Exact value of b is : 200
4. SWITCH Statement
Switch statement digunakan untuk melakukan pengecekan untuk beberapa kondisi sekaligus, jika kondisi sudah di temukan maka akan keluar dari blok switch dengan statement break.
switch(ekspresi)
{
case konstanta-ekspresi:
jalankan logika
break;
case kontanta-ekspresi:
jalankan logika
break;
default:
jalankan logika jika tidak ada yang cocok dengan konstanta-ekspresi
}
Dari format diatas terdapat default, fungsi default disini adalah sama dengan kondisi else pada statement if ... else.
Contoh program untuk kondisi switch:
using System;
namespace DecisionMaking
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
/* local variable definition */
char grade = 'B';
switch (grade)
{
case 'A':
Console.WriteLine("Excellent!");
break;
case 'B':
case 'C':
Console.WriteLine("Well done");
break;
case 'D':
Console.WriteLine("You passed");
break;
case 'F':
Console.WriteLine("Better try again");
break;
default:
Console.WriteLine("Invalid grade");
break;
}
Console.WriteLine("Your grade is {0}", grade);
Console.ReadLine();
}
}
}
Setelah program dijalankan akan mengeluarkan hasil sebagai berikut:
Well done Your grade is B
5. SWITCH Statement di dalam SWITCH (Bersarang)
Pada dasarnya sama seperti switch statement hanya saja ada pengecekan dengan switch lagi.
Berikut adalah contoh program untuk switch bersarang:
using System;
namespace DecisionMaking
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
int a = 100;
int b = 200;
switch (a)
{
case 100:
Console.WriteLine("This is part of outer switch ");
switch (b)
{
case 200:
Console.WriteLine("This is part of inner switch ");
break;
}
break;
}
Console.WriteLine("Exact value of a is : {0}", a);
Console.WriteLine("Exact value of b is : {0}", b);
Console.ReadLine();
}
}
}
Hasil setelah program dijalankan:
This is part of outer switch This is part of inner switch Exact value of a is : 100 Exact value of b is : 200
Kita juga bisa melakukan kombinasi antara kondisi if else dengan switch untuk mendapatkan hasil pengambilan keputausan yang baik.
Operator (kondisi) ? (jalankan logika) : (jalankan logika lainnya):
Operator ? : adalah operator untuk shortcut kondisi if ... else, biasanya digunakan untuk pengecekan yang tidak memerlukan statement logika yang panjang.
ekspresi_1 ? ekspresi_2 : ekspresi_3;
Akan melakukan pengecekan pada ekspresi_1 jika ekspresi_1 bernilai benar maka jalankan ekspresi_2 jika tidak maka jalankan ekspresi_3.
Contoh program untuk simulasi (kondisi) ? (jalankan logika) : (jalankan logika lainnya):
namespace DecisionMaking
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
bool m_bool = true;
// melakukan pengecekan jika m_bool bernilai benar maka isi a dengan 100
// tetapi jika m_bool bernilai salah maka isi a dengan 50
int a = m_bool ? 100 : 50;
Console.WriteLine("Exact value of a is : {0}", a);
Console.ReadLine();
}
}
}
Hasil keluaran program akan seperti berikut:
Exact value of a is : 100
Ok guys selamat berkarya dan belajar, sampai ketemu lagi di next tutorial Loot/Pengulangan.




No comments:
Post a Comment