Thursday 25 August 2016

3. Dasar Syntax C# (Basic/Dasar)

Hello guys kita bertemu kembali untuk melanjutkan tutorial Tutorial Konsep Pemrograman Menggunakan C#, kali ini saya akan membahas tentang dasar syntax beserta sekilas tentang konsep Object Oriented Programming (OOP). Konsep pemrograman OOP adalah konsep pemrograman berbasis object dimana object itu bisa berinteraksi dengan object yang lain menggunakan action. Anggap saja setiap kali kita membuat class berarti kita telah membuat object baru dalam metodologi OOP.

Saya akan menggunakan solution dari tutorial ke 2 - Struktur Program tetapi ada modifikasi sedikit dengan menambahkan class Rectangle sehingga kode akan seperti berikut:

using System;

namespace TutorialCSharp
{
 class MainClass
 {
  public static void Main(string[] args)
  {
   /*
    * Buat instance class Rectangle
    * kemudian akses method atau action
   */

   Rectangle r = new Rectangle();
   r.Acceptdetails();
   r.Display();
   Console.ReadLine();
  }
 }

 class Rectangle
 {
  // member variables
  double length;
  double width;
  public void Acceptdetails()
  {
   length = 4.5;
   width = 3.5;
  }

  public double GetArea()
  {
   return length * width;
  }

  public void Display()
  {
   Console.WriteLine("Length: {0}", length);
   Console.WriteLine("Width: {0}", width);
   Console.WriteLine("Area: {0}", GetArea());
  }
 }
}

Dari kode di atas terdapat class Rectangle, kemudian jalankan maka akan mendapatkan hasil sebagai berikut:


Mari guys kita bahas satu persatu hal yang penting disini, ga usah pikirin dulu alurnya gimana, tapi kita fokus dulu pada basic syntax nya guys.

Kata Kunci using

Di bagian awal program kita telah mendefinisikan:
using System;
Kata kunci using digunakan untuk memasukkan namespace dari built in library yang ada di C# atau yang kita buat sendiri.

1. Kata Kunci Class

Digunakan untuk mendefinisikan class dalam sebuah program

2. Komentar dalam C#

Komentar adalah blok atau baris yang tidak akan di eksekusi oleh program, biasanya digunakan untuk menjelaskan fungsi atau membuat dokumentasi program. Ada 2 tipe komentar yaitu Block Comment dan Line Comment.

Block Comment digunakan untuk text yang panjang dan punya lebih dari satu baris, contoh block comment:

/*
* Main() method adalah bagian program yang akan di eksekusi pertama kali
* saat program pertama kali dijalankan
* dalam sebuah aplikasi hanya ada satu Main() method
* untuk menjalankan aplikasi tersebut
* analoginya adalah sebuah stater untuk menjalankan aplikasi
*/

Sedangkan line comment digunakan untuk satu baris comment, contoh line comment:

// contoh line comment

3. Variabel

Variabel adalah atribut atau data yang ada di dalam sebuah class, digunakan untuk menyimpan nilai atau data. Pada contoh class Rectangle kita telah mendefinisikan dua variabel yaitu: length dan width.

4. Fungsi / Method

Fungsi merupakan blok statement yang berisi sebuah proses yang spesifik. Fungsi dari sebuah class harus di definisikan di dalam blok class. Dalam class Rectangle kita telah mendefinisikan tiga fungsi yaitu: AcceptDetails, GetArea dan Display.

5. Membuat Instance Class

Pada kode program yang telah kita buat di dalam class MainClass kita telah mendefinisikan instance class Rectangle di dalam fungsi Main().

public static void Main(string[] args)
{
        /*
        * Buat instance class Rectangle
        * kemudian akses method atau action
        */

        Rectangle r = new Rectangle();
        r.Acceptdetails();
        r.Display();
        Console.ReadLine();
}

6. Identifiers

Dalam penamaan sebuah class harus mengikuti aturan yang telah ditentukan, sama halnya denga bahasa pemrograman yang lain:

  • Tidak boleh diawali dengan angka, hanya boleh diawali dengan huruf baru bisa diikuti dengan angka, misal: Romeo, Juliet01, R0m3o
  • Tidak boleh menggunakan simbol, misalnya: ? - + ! @ # % ^ & * ( ) [ ] { } . ; : " ' / dan \. Tetapi bisa menggunakan underscore (_)
  • Tidak boleh menggunakan C# keyword
7. Keyword (Kata Kunci)

Dalam bahasa pemrograman ada yang namanya keyword (kata kunci), yaitu kata kata yang sudah di definisikan oleh bahasa pemrograman dan tidak boleh digunakan sebagai nama class, namespace, function dan variable.

Berikut ini adalah daftar keyword C#:

Reserved Keyword:
  • abstract
  • as
  • base
  • bool
  • break
  • byte
  • case
  • catch
  • char
  • checked
  • class const
  • continue
  • decimal
  • default
  • delegate
  • do
  • double
  • else
  • enum
  • event
  • explicit
  • extern
  • false
  • finally
  • fixed
  • float
  • for
  • foreach
  • goto
  • if
  • implicit
  • in
  • in (generic modifier)
  • int
  • interface
  • internal
  • is
  • lock
  • long
  • namespace
  • new
  • null
  • object
  • operator
  • out
  • out (generic modifier)
  • override
  • params
  • private
  • protected
  • public
  • readonly
  • ref
  • return
  • sbyte
  • sealed
  • short
  • sizeof
  • stackalloc static
  • string
  • struct
  • switch
  • this
  • throw
  • true
  • try
  • typeof
  • uint
  • ulong
  • unchecked
  • unsafe
  • ushort
  • using
  • virtual
  • void
  • volatile
  • while

Kontekstual Keyword:
  • add
  • alias
  • ascending
  • descending
  • dynamic
  • from
  • get
  • global
  • group
  • into
  • join
  • let
  • orderby
  • partial (type)
  • partial (method)
  • remove
  • select
  • set
Ok guys sampai ketemu di tutorial selanjutnya Tipe Data.

No comments:

Post a Comment